Sekretariat DPRD
Sekretariat DPRD adalah unsur pelayanan dan unsur administratif terhadap DPRD, dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang teknis operasionalnya berada dan bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD sedangkan teknis administrasi berada dalam pembinaan Sekretaris Daerah. Sekretariat DPRD Kabupaten Soppeng dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi perangkat daerah yang selanjutnya ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan perangkat daerah Kabupaten Soppeng. Peraturan Daerah tersebut selanjutnya dijabarkan dalam Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Soppeng.
Bagian Umum dan Keuangan
Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian mempunyai tugas membantu sekretaris DPRD dalam memimpin dan melaksanakan, menyiapkan bahan rangka perumusan kebijakan, pengoordinasian pelaksanaan urusan umum yang meliputi urusan kepegawaian, tata usaha dan perlengkapan, humas, protokol dan media massa, sesuai perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas. Adapun rincian tugasnya sebagai berikut:
- Merencanakan operasionalisasi kegitan tahunan sebagai pedoman
pelaksanaan tugas, - Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar tercipta
distribusi tugas yang merata, - Menyelenggarakan pengelolaan administrasi kepegawaian, tata usaha dan
perlengkapan, humas, protokol dan media massa, - Menyelenggarakan dan mengendalikan urusan administrasi yang meliputi surat menyurat, kearsipan serta dokumen-dokumen penting lingkup sekretariat DPRD,
- Mempersiapkan bahan keperluan rumah tangga, pengadaan, pemeliharaan barang/perlengkapan dan/atau sarana dan prasarana kebutuhan DPRD dan
sekretariat DPRD, - Menyiapkan bahan bimbingan, fasilitas, termasuk konsumsi yang diperlukan
untuk rapat, pertemuan atau penerimaan tamu, - Mengoordinasikan kegiatan publikasi, dan pemberitaan kegiatan DPRD,
- Melakukan penyaringan informasi atau analisis pemberitaan kegiatan DPRD serta pelaksanaan kegiatan keprotokoleran,
- Menyiapkan bahan bimbingan dan pengembangan humas, pengkajian data dan informasi,
- Menyelenggarakan urusan rumah tangga, perjalanan dinas, pengelolaan dan penggunaan kendaraan dinas, rumah dinas DPRD dan sekretariat DPRD,
- Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan lingkup tugasnya,
- Mengoordinasikan pengelolaan naskah dinas,
- Menilai prestasi kerja kepala sub bagian dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier,
- Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah, dan
- Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.
Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan
Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan
- Merencanakan dan program kerja, rencana anggaran Sekretariat DPRD,
pimpinan dan anggotan DPRD, serta menyusun Renstra Sekretariat DPRD
sesuai dengan Visi Misi daerah, - Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD,
- Menyelenggarakan rapat-rapat DPRD,
- Menyelenggarakan administrasi keuangan, urusan rumah tangga, perjalanan, perlengkapan serta ketatausahaan sekretariat dan anggota DPRD,
- Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD,
- Mengoreksi dan menganalisa serta memaraf konsep surat, rancangan
dan/atau produk hukum yang menjadi tugas dan tanggung jawab sekretariat
DPRD, - Mengoordinasikan konsep perumusan kebijakan DPRD terkait dengan
pembahasan Peraturan Daerah, Naskah Akademik dan Draft Perda Inisiatif; - Melakukan pembinaan administrasi yang terdiri dari urusan tata usaha,
umum dan kepegawaian, keuangan, perbekalan DPRD dan pelaksanaan tugas
sekretariat, - Memfasilitasi dan merespons pengajuan rancangan dan/atau produk hukum
daerah atas inisiatif DPRD, serta memberikan dukungan penyelenggaraan
tugas fungsi DPRD bidang legislasi, fungsi DPRD bidang pengawasan dan
penganggaran, - Memberikan dukungan penyelenggaraan penyelenggaraan tugas dan fungsi
DPRD dibidang hukum dan persidangan, - Memverifikasi, mengevaluasi dan menganalisis produk penyusunan
peraturan perundang-undangan, - Melakukan koordinasi dengan unit kerja dalam rangka kelancaran
pelaksanaan tugas DPRD dan mengoordinasikan kegiatan penerangan,
publikasi, pemberitaan kegiatan DPRD, risalah rapat, kehumasan,
keprotokoleran dan media massa, - Mengoordinasikan penyelenggaraan lembaga penyiaran publik lokal
radio/televisi publik lokal pemerintah kabupaten soppeng, - Melakukan monitoring dan evaluasi, pengendalian dan pelaporan
pelaksanaan tugas lingkup sekretariat DPRD, dan - Menilai prestasi kerja kepala bagian dalam rangka pembinaan dan
pengembangan karier serata melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang
diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.
RENSTRA | ||
RENJA PERUBAHAN | ||
LAPORAN KINERJA | ||
PENGUKURAN KINERJA | ||
RENCANA AKSI | ||
PERJANJIAN KINERJA | ||
EVALUASI INTERNAL | ||
SK IKU 2016-2021 | ||
SK SOP PENGUMPULAN DATA KINERJA | ||
LAPORAN REALISASI ANGGARAN |
SEKRETARIS | |||||||
KABAG UMUM DAN KEUANGAN | |||||||
KASUBAG PERENCANAAN, PELAPORAN DAN KEUANGAN | |||||||
KASUBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN | |||||||
KABAG PERSIDANGAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN | |||||||
KASUBAG KAJIAN PERUNDANG-UNDANGAN | |||||||
KASUBAG PERSIDANGAN, RISALAH, DAN PUBLIKASI | |||||||
KABAG FASILITASI PENGANGGARAN DAN PENGAWASAN | |||||||
KASUBAG FASILITASI PENGANGGARAN | |||||||
ANALIS PERENCANAAN | |||||||
VERIFIKATOR KEUANGAN | |||||||
BENDAHARA | |||||||
PENGELOLA KEUANGAN | |||||||
ANALISIS DATA DAN INFORMASI | |||||||
PENGELOLA KEPEGAWAIAN | |||||||
PENGELOLA BARANG MILIK NEGARA | |||||||
PENGADMINISTRASIAN UMUM | |||||||
PRAMU BAKTI | |||||||
ANALIS HUMAS | |||||||
PENYUSUN RISALAH | |||||||
PENGELOLA PERSIDANGAN | |||||||
PRANATA ACARA | |||||||
PENYUSUN BAHAN INFORMASI | |||||||
ANALISIS PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DAN RANCANGAN PERUNDANG-UNDANGAN | |||||||
PENGOLAH DATA INFORMASI DAN HUKUM | |||||||
ANALIS PENGANGGARAN | |||||||
PENGOLAH DATA PENGANGGARAN | |||||||
ANALIS HASIL PENGAWASAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT | |||||||
JUMLAH |
Data Pegawai Sekretariat DPRD
- Sekretariat DPRD
- Umum dan Keuangan
- Persidangan dan Perundang-Undangan
- Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan
Johansyah, S.Sos, MM | Sekretaris DPRD | PEMBINA TK.1 / IV/b |
Andi Heril Dolly,SE | Kepala Bagian Umum dan Keuangan | PEMBINA, IV/a |
Anni Riani Arsyad,SSTP,M.Si | Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan | PEMBINA TK.I, IV/b |
Muhammad Arif Rahman Gani, S.Kom, M.Si | Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan | PENATA TK.I, III/d |
Sam Aswan, SE,M.AP | Kasubag Perencanaan,Pelaporan dan Keuangan | PENATA, III/c |
Hamdan Taufan,SE, MM | Kasubag Umum dan Keuangan | PENATA, III/c |
Fajar Mu'min Arafah,SH | Kasubag Kajian Perundangan-Undangan | PENATA III/c |
Nurrasak Rahim Ali,S.Sos | Kasubag Persidangan,Risalah dan Publikasi | PENATA, III/c |
Risma, S.Sos, M.Si | Kasubag Fasilitasi Penganggaran | PENATA TK.I, III/d |
Muhammad Nur,S.Sos | Kasubag Fasilitasi Pengawasan | PENATA, III/c |
Andi Heril Dolly,SE | 19720717 200312 1 011 | Kepala Bagian Umum dan Keuangan | PEMBINA, IV/a |
Sam Aswan, SE,M.AP | 19860527 200502 1 003 | Kasubag Perencanaan,Pelaporan dan Keuangan | PENATA, III/c |
Hamdan Taufan,SE, MM | 19730327 201001 1 003 | Kasubag Umum dan Keuangan | PENATA, III/c |
rosnaini,S.Sos | 197801118 201001 2 006 | Analis Perencanaan | PENATA MUDA, III/a |
Kasmawati | 19770627 200012 2 005 | Analis Perencanaan | PENATA MUDA, III/a |
Esse Aswiningsih,S.Sos | 19850322 200502 2 003 | Verivikator Keuangan | PENATA MUDA, III/a |
Herman | 19750525 200604 1 019 | Bendahara | PENGATUR, II/c |
Jamaluddin,SE | 19711110 200604 1 032 | Pengelola Keuangan | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Marhani,SE | 19730330 201408 2 002 | Analisis Data dan Informasi | PENGATUR MUDA, TK.I, II/b |
Mulyadi,SE | 19791227 200901 1 006 | Pengelola Kepegawaian | PENATA MUDA, III/a |
Andi Millang,S.Sos | 19761130 200901 2 002 | Pengelola Barang Milik Negara | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Harlina | 19671231 199501 2 002 | Pengelola Barang Milik Negara | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Dedi Sulaiman,S.IP | 19820912 200801 1 005 | Pengadministrasian Umum | PENATA MUDA, III/a |
Nure | 19671231 200701 1 164 | Pramu Bakti | JURU TK.I, I/d |
Anni Riani Arsyad,SSTP,M.Si | 19790426 199803 2 002 | Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan | PEMBINA TK.I, IV/b |
Fajar Mu'min Arafah,SH | 19860607 201101 1 017 | Kasubag Kajian Perundang-Undangan | PENATA III/c |
Nurrasak Rahim Ali,S.Sos | 19731005 200502 1 004 | Kasubag Persidangan,Risalah dan Publikasi | PENATA, III/c |
Heriani | 19881205 201503 2 005 | Analisi Humas | PENATA MUDA,TK.I, III/b |
Musdalifah | 19811119 200701 2 003 | Penyusun Risalah | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Syamsul Bahri,SE | 19850321 200901 1 002 | Pengelola Persidangan | PENATA MUDA, III/a |
Yudha Sakti Putra, SE | 19860423 201408 1 002 | Pranata Acara | PENGATUR MUDA, TK.I, II/b |
Musriadi,S.Sos | 19730223 200701 1 016 | Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Abidin,S.Sos | 19681231 200701 1 136 | Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi | PENATA MUDA, TK.I, III/b |
Afwan, SH | 19820830 201503 1 003 | Analisis Peraturan Perundang-Undangan | PENATA MUDA, TK.I, II/b |
Andi Surya Anggreni,S.Sos | 19821020 201408 2 001 | Pengelola Data Informasi dan Hukum | PENGATUR MUDA, TK.I, II/b |
Muhammad Arif Rahman Gani, S.Kom, M.Si | 19791105 200502 1 003 | Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan | PENATA TK.I, III/d |
Risma, S.Sos, M.Si | 19740928 199402 2 003 | Kasubag Fasilitasi Penganggaran | PENATA TK.I, III/d |
Muhammad Nur,S.Sos | 19740303 200502 1 001 | Kasubag Fasilitasi Pengawasan | PENATA, III/c |
Nurnaeni Z,SE, M.Si | 19720725 200212 2 06 | Analis Penganggaran | PENATA TK.I, III/d |
Asmawati Arsyad,S.Sos, M.Si | 19761130 200502 2 003 | Analis Penganggaran | PENATA TK.I, III/d |
Urdiwan, SE, MM | 19720601 200502 1 003 | Pengelola Data Penganggaran | PENATA TK.I, III/d |
Kasmawati, SE, MM | 19780612 200604 2 036 | Analis Hasil Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat | PENATA TK.I, III/b |
Andi Ariangga Sikri, S.Sos | 19840411 201001 1 033 | Analis Hasil Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat | PENATA MUDA, III/a |
Jumartini, S.Sos | 19730202 200801 2 006 | Pengelola Data Pelayanan | PENATA MUDA, TK.I, III/b |